GEOGRAFIS

Geografi
Secara Geografis,Wilayah kabupaten Temanggung terletak di daerah dataran tinggi dengan topografi pegunungan,terletak di sekitar lereng Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro,Memiliki iklim tropis dengan suhu udara sejuk yang sangat cocok untuk lahan pertanian dan perkebunan

 

Luas wilayah Kabupaten temanggung adalah 870,65 km. Sejak tahun 2001 terbagi menjadi 20 kecamatan, 266 Desa dan 23 Kelurahan.Jarak tempuh terjauh wilayah kabupaten temanggung dari barat ke timur adalah 43,437 km dan dari utara ke selatan adalah 34,375 km,sedangkan sebagian wilayahnya merupakan daerah pegunungan yang berhawa dingin ( suhu rata-rata 20-30 C) berada di ketinggian 500 m – 1450 m m di atas permukaan laut.

Batas wilayah kabupaten temanggung:
Di sebelah Utara : berbatasan dengan Kabupaten Kendal dan Kabupaten Semarang
Di sebelah Timur : berbatasan dengan Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang
Di sebelah Selatan : berbatasan dengan Kabupaten Magelang
Di sebelah Barat : berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo.

Iklim
Kabupaten Temanggung memiliki sifat iklim tropis dengan dua musim yaitu musim kemarau antara Bulan April sampai dengan September dan musim penghujan antara Bulan Oktober sampai dengan Maret dengan curah hujan tahunan pada umumnya tinggi. Daerah Kabupaten Temanggung pada umumnya berhawa dingin dimana udara pegunungan berkisar antara 20 C – 30 C. Daerah berrhawa sejuk terutama di daerah Kecamatan Tretep, Kecamatan Bulu (Lereng Gunung Sumbing), Kecamatan Tembarak, Kecamatan Ngadirejo serta Kecamatan Candiroto.

Topografi
Permukaan wilayah Kabupaten Temanggung termasuk dataran tinggi. Pola topografi wilayah secara umum mirip sebuah cekungan atau depresi raksasa yang terbuka dibagian Tenggara, dibagian Selatan dan Barat dibatasi oleh 2 buah gunung yaitu Gunung Sumbing (3.260 m dpl) dan Gunung Sindoro (3.151 m dpl). Di bagian Utara dibatasi oleh sebuah pegunungan kecil yang membujur dari Timur Laut kearah Tenggara. Dengan topografi semacam itu, wilayah Kabupaten Temanggung memililki permukaan yang sangat beragam ditinjau dari ketinggian dan luas wilayah/kawasan. Sebagian wilayah Kabupaten berada pada ketinggian 500 m 1450 m (24,3 %), luasan areal ini merupakan daerah lereng gunung Sindoro dan Sumbing yang terhampar dari sisi selatan, Barat sampai dengan Utara wilayah.

Geologi
Secara geomorfologi, Temanggung termasuk kompleks, mulai dari dataran, perbukitan, pegunungan, lembah dan gunung dengan sudut lereng antara 0%-70% (landai sampai dengan sangat curam). Kabupaten Temanggung memiliki dua buah gunung, yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, yaitu stadium erupisnya mulai muda sampai tua.

Cetak:

Kabupaten Temanggung
Badan Penanggulangan Bencana Daerah
Jl. S.Kadar Maron No.21 Sidorejo Temanggung
Copyright © 2021